Selamat Datang!

Selamat Datang di Ah! Baru tahu!

web yang membahas Xenology, dan disadur dari forum terbesar di Indonesia Kaskus.us

Xenology (from Greek language xenos = "foreign, guest" and λογος (logos) = "word") denotes research or information about foreign, alien, secret or generally unknown things. One who studies xenology is a xenologist

Tags

Randomization


Untuk semua postingan Feed

Sabtu, 30 Mei 2009

Angka Fibonacci

Angka Fibonacci
===============

Angka Fibonacci adalah sistem angka pada alam. sistem ini ada dimana saja di alam, dari posisi daun di tumbuhan, ola pada kelopak bunga, sisik ada buah pinus sampai sisik dari nanas. Angka ini selanjutnya juga menjadi aturan pertumbuhan dari setiap mahluk hidup, termasuk sebuah sel, sebuah gandum, sarang lebah dan bahkan semua manusia.

Perkenalan
==========
di deretnya, setiap angka ada jumlah dari angka sebelumnya : 1,1,2,3,5,8,13,21,34,55,89,144,233,377,610,987,1597,2584,4181,.....dst

rasio dari deret tersebut disebut Golden Section(GS) yaitu 1.618033989 yang ajaibnya 1/GS = 1 + GS

Deret Fibonacci dibentuk oleh aturan f1=f2=1, fn+1=fn + fn-1
yang diketahui luas di beberapa area dalam matematika dan sains.
Walau begitu, Deret ini begitu mengagumkan karena sering muncul di alam.

Sejarah
=======
Fibonacci adalah Ilmuwan hebat di zamannya dan sampai sekarang. dia lahir tahun 1170-an dan mati di tahun 1240-an. sekarang sudah ada patungnya yang didirikan dekat menara pisa di ujung dari kuburan di katedral pisa. nama aslinya Leonardo of Pisa atau Leonardo Pisano dalam bahasa itali karena dialahir di pisa. dia menyebut dirinya Fibonacci, kependekan dari Filius Bonacci, yang berarti Anak dari Bonacci, nama bapaknya. Bapaknya, Bonacci, adalah pekerja di afrika utara, kota Bugia, sekarang Bougie. Fibonacci suka bertemu dengan para pedagang dan akhirnya menyadari bahwa sistem angka "Hindu-Arabic" itu lebih baik dari sistem yang pernah ada. Lalu dia membuat buku tentang bagaimana cara melakukan aritmatika(hitung-hitungan) dengan sistem desimal yang akhirnya diterima semua ilmuwan dan sampai dengan kita sekarang, seperti menjumlah, kurang, kali dan bagi.

Fibonacci dan Alam
==================
Tentu saja tumbuh-tumbuhan tidak mengikuti deret angka ini, mereka hanya tumbuh dengan cara yang paling efisien.
Bagaimana itu bisa terjadi? dan beberapa kasus mungkin berkaitan dengan pemaksimalan tempat untuk tiap-tiap helai daun atau bunga bahkan sisik.

jadi alam tidak mengikuti hitung-hitungan alam tapi mengikuti proses yang rumit dari fisik mereka. ya, karena itulah bentuk spiral juga tidak sempurna.

setiap pertumbuhan baru pada daun dsb memiliki sekitar 222.5 derajat dari daun yang sebelumnya karena itu memaksimalkan tempat untuk tiap-tiap yang lain. sudut ini dinamai Golden Angle dan GA juga membagi 360 derajat menjadi GS, 0.618033989 . . . .

1/GS=GS/(1-GS)=1.618033989 . . . .
360/GA=GA/(360-GA)=1/GS

Fibonacci dalam alam
====================

3 kelopak, sering ada


5 kelopak, ada ratusan spesies


8 kelopak, tidak sebanyak 5 kelopak tapi familiar di mata kita


13 kelopak


21 dan 34 kelopak, sering ada juga.



dan yang paling terkenal adalah bunga matahari, pinecone dan nanas yang mengikuti GS dengan sangat tepat.



@Xenology@kaskus.us

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ask

powered by Answers.com

Pengikut