Selamat Datang!

Selamat Datang di Ah! Baru tahu!

web yang membahas Xenology, dan disadur dari forum terbesar di Indonesia Kaskus.us

Xenology (from Greek language xenos = "foreign, guest" and λογος (logos) = "word") denotes research or information about foreign, alien, secret or generally unknown things. One who studies xenology is a xenologist

Tags

Randomization


Untuk semua postingan Feed

Senin, 01 Juni 2009

Trepanation

originally posted by elvisharcher

Trepanation

Melanjutkan post tentang pembolongan tengkorak, berikut adalah saduran dari literatur yg gw punya:
Kata kuncinya adalah "trepanation" berasal dari bahasa Latin "trypnanon". Bor modern untuk keperluan pembedahan otak sekarang disebut "trepan". Gunanya untuk membedah tulang tengkorak dan memberi jalan operasi pada dokter bedah. Biasanya diakibatkan karena internal bleeding atau infeksi otak. Namun yang menarik adalah hal ini sudah dilakukan oleh manusia sejak jaman batu. Tengkorak-tengkorak yang ditemukan tersebar di daratan Eropa, terutama wilayah Danube, ditemukan dengan keadaan "berlubang" dari tulang terluar hingga bagian otak menggunakan alat buatan manusia (lubang berbentuk X). Pada awalnya para ahli menduga hal ini akibat perang antar suku, atau eksekusi (hukuman mati) kaum primitif. Namun setelah diteliti lebih lanjut, bukti-bukti menunjukkan data yang berlawanan; lubangnya terlalu halus berarti tindakan melubangi dilakukan dengan cermat dan hati-hati (perang / perkelahian kan biasanya asal gebuk dan tergesa-gesa). Juga seandainya benar akibat perang / perkelahian, lubang semacam ini tidak terdapat pada tulang bagian tubuh lainya. Lubang "X" hanya terdapat pada tengkorak di koordinat yang sama! Ahli medis yang meneliti lebih lanjut menunjukan indikasi bahwa manusia2 tersebut pulih dari luka SETELAH dilakukan pembolongan tengkorak, bahwa pembolongan otak dilakukan pada waktu manusia itu masih hidup, dan mereka meninggal bertahun2 setelah pembolongan otak itu. Para ahli arkeologi menyadari bahwa mereka menemukan bukti prosedur medis purba, bukan peperangan brutal antar suku.


Literatur Cina kuno menyebutkan Ta-Chhinn dari Syria mampu membuka otak seseorang dan mengeluarkan serangga dari dalamnya.Di Amerika Selatan, nyaris seluruh tengkorak manusia suku Inca dari Cuzco memiliki tidak kurang dari 7 (tujuh) lobang buatan. Yang tidak kalah menarik adalah tengkorak berusia 4,000 tahun dari Crichel Down - Dorset, Inggris. Sebuah tengkorak terpotong rapi circular 8 centimeter, dan sisa potongan itu kemudian dimasukkan lagi ke tulang yang dibolongi! Berarti si "pasien" pernah dibedah kepalanya dan ditutup kembali. Begitu majukah ilmu bedah manusia 4,000 tahun yang lalu? --> Xenology kan biar gak diomelin momod berwin ^^!


Pada tahun 1829 dalam petualangannya William Ellis mencatat di sebuah kepualauan Pasific Selatan, dukun sering membedah tengkorak kepala warga suku, mencungkil sesuatu, dan menutupnya kembali dengan batok kelapa. Bahkan otak salah seorang warga suku sempat ditambal dengan otak dari hewan lain yakkksss! Jika pernah membaca Margett's Paper pasti lebih jijik lagi. Seorang lanjut berusia 50 tahun yang hidup tahun 1958 dikenal bernama "Hat On, Hat Off". Kemana2 selalu mengenakan topi coklat, kelihatan normal dari luar. Namun saat topi itu ia tanggalkan, efeknya mengejutkan - karena sepertiga tengkorak dan otaknya terpotong hilang. Ia dulu mantan polisi, dan telah dioperasi 30 kali di bagian tengkorak untuk menyambung hidupnya. Di acara televisi "Is Your Brain Really Neccessary?" terbitan Inggris, salah seorang peserta bernama alias Roger secara medis hanya memiliki massa otak 5% dari orang-orang dewasa, namun hidupnya normal-normal saja, ia termasuk paling pintar matematika di kelasnya dan memiliki IQ 126. Perfectly normal.


"If we only need a fraction of our brains to operate normally, WHAT IS THE REST IS FOR?"


@Xenology@kaskus.us

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ask

powered by Answers.com

Pengikut