Selamat Datang!

Selamat Datang di Ah! Baru tahu!

web yang membahas Xenology, dan disadur dari forum terbesar di Indonesia Kaskus.us

Xenology (from Greek language xenos = "foreign, guest" and λογος (logos) = "word") denotes research or information about foreign, alien, secret or generally unknown things. One who studies xenology is a xenologist

Tags

Randomization


Untuk semua postingan Feed

Selasa, 11 Agustus 2009

Voynicht Manuscript

Originally posted by medicals




Voynich Manuscript adalah naskah yang teks didalamnya berisi tulisan sandi sandi rahasia ,diperkirakan berisi tentang ilmu pengetahuan. Voynich manuscript dianggap sebagai "Naskah Yang Paling Misterius di Dunia" Sampai hari ini artefak abad pertengahan ini menolak semua usaha untuk diterjemahkan(pemiliknya tentu saja bukan manuscriptnya). Nah lo gimana baca dong ya? Nah naskah yang dinamai sama deperti penemunya ini yaitu seorang pedagang buku dan kolektor antik amerika ,Wilfrid M. Voynich,yang menemukan naskah ini pada tahun 1912, menemukannya di antara setumpuk koleksi naskah yang kuno di dekat Roma.

Berdasarkan kaligrafi,lukisan,velum dan zat warna voynich memperkirakan bahwa naskah ini ditulis di abad 13. Buku yang awalnya berisi sekitar 270 halaman kini menjadi 246 halaman.Nakah ini berisikan 212 halamn bergambar dan teks,33 halaman teks saja dan halaman yang terakhir berisi kunci. Naskah ini juga dilimpahi dengan lukisan lukisan diantaranya:

-Tanaman yang tak dikenal

-Bisa dikatakan resep herbal

-Wanita telanjang mungil yang bersuka ria di bathtubs disambung oleh pipa lending yang ruwet yang rupanya seperti bagian bagian anatomi.

-Grafik/peta misterius yang berupa objek astronomi yang dilihat dari teleskop dan beberapa sel hidup yang dilihat dari mikroskop

-Kalender zodiak yang aneh didiami oleh orang telanjang mungil di tong sampah



Isi naskah ini pula dibagi dalam 5 kategori yaitu:

1. Yang paling pertama dan yang paling besar yaitu berisi tentang 130 halaman isinya gambar tanaman dengan menyertai teks dan menyebutkan pembagian botani.

2. Berisi tentang astronomi di alam ini sebanyak 26 halaman

3. 28 halaman yang berisikan gamabr-gambar yang keliahatannya mengenai biologis di alam.

4. 34 halaman yang dimana berisikan gambar yang berhubungan dengan farmasi di alam.

5. 23 halaman dibentuk dengan paragraf yang pendek yang awalnya dimulai dengan bintang.



Karena sampai saat ini voynich manuscript masih menolak untuk diterjemahkan (sekali lagi yang punya bukan manuscriptnya) orang mengira ini adalah cerita bohong atau memang mungkin sandi sandinya tidak dapat kita pecahkan.Isi dan asal naskahnya pun menjadikan perdebatan yang terus menerus.Entah benar atau tidak voynich manuscript ini menurut saya pribadi adalah satu hal yang sangat menarik untuk ditinjau perkembangannya. Karena nulis naskah sampai 260 lebih pake bulu ayam belom pula digambar-gambar udah pasti sangat melelahkan. Betul?




Penemunya Wilfrid M. Voynich, tidak mau manuscript tersebut di terjemahkan kedalam bahasa apapun.



Tp walaupun begitu, Tidak ada contoh lain mengenai bahasa manual naskah ini ditulis. Tidak satupun dari abjad yang tersusun alfabet dalam naskah ini yang memiliki hubungan dengan bahasa Inggris ataupun sistem bahasa Eropa. Suatu teks yang benar-benar tidak memiliki koreksi yang nyata. Ada bukti untuk dua “bahasa” yang berbeda (yang diselidiki oleh tukang kulit dan D’Imperio) dan lebih dari satu catatan, yang mungkin menandakan suatu perencanaan kode yang rancu.



Kelihatannya, Voynich ingin memberikan suatu naskah yang benar-benar misterius yang menyajikan salinan fotografis untuk sejumlah ahli. Bagaimanapun, di samping usaha dari banyak cryptologis dan ahli-ahli lain yang terkenal, Naskah ini tetap tak terbaca. Memang ada beberapa klaim tentang pemecahannya, namun hingga saat ini, tak satupun yang dapat memperkuatnya dengan suatu terjemahan yang lengkap.
@Xenology@kaskus.us

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

1 komentar:

  1. Terima kasih di atas pencerahan........azridaazri@yahoo.com

    BalasHapus

Ask

powered by Answers.com

Pengikut